·
Definisi Belajar :
Perubahan tingkah laku yang relatif menetap dan tidak semata-mata disebabkan
oleh kematangan psikologis. Tapi merupakan perubahan tingkah laku karena
pengalaman latihan.
·
Faktor yang
mempengaruhi perubahan tingkah laku :
a.
Learning Set :
kesiapan diri seseorang pada waktu tertentu untuk mempelajari sesuatu.
b.
Learning to learn :
pengetahuan dasar yang diperlukan untuk proses belajar selanjutnya.
c.
Learning abilities :
bagaimana cara seseorang, dalam melakukan pendekatan dalam belajar.
d.
Learning style :
pemilihan strategi belajar dan kecepatan dalam mengambil keputusan.
·
3 Macam proses
belajar menurut Ausubel :
a.
Reception Learning :
metode belajar yang pelajarannya dikasih lengkap dan siswanya menghafal dari
pengertian yang di beri pengajarnya.
b.
Discovery Learning :
Guru hanya memberi sebagian materi, lalu siswanya mengembangkan sendiri materi
tersebut.
c.
Rote : siswa diminta
menghafal dalam 3 cara :
a.
Representation : Menghafal
dengan simbol-simbol
b.
Propotitional :
menghafal pengertian ide-ide pada sebuah kata
c.
Concept : membedakan
konsep secara kritis
·
Hukum Belajar
Thorndike :
a.
Law of exercise :
semakin banyak berlatih akan semakin mahir.
b.
Law of effect :
apa-apa yang menguntungkan akan lebih mudah diterima.
c.
Law of readiness :
kesiapan seseorang akan memudahkan orang tersebut untuk mempelajari suatu hal.
d.
Law of belonging :
hubungan yang makin kuat apa yang dipelajarin dengan apa yang sudah dipelajari
maka akan semakin baik.
·
Hal yang mengganggu Proses
Belajar :
-
Inhibis Retroaktif :
materi pelajaran yang baru saja diberikan dapat mengganggu materi yang sudah
ada di otak/pikiran.
-
Inhibis Proaktif :
materi pelajaran yang sudah diberikan mengganggu materi yang baru diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar