AYO JOIN DI SINI !!

Senin, 12 November 2012

Perencanaan Kegiatan Belajar-mengajar



·           Definisi Belajar : Perubahan tingkah laku yang relatif menetap dan tidak semata-mata disebabkan oleh kematangan psikologis. Tapi merupakan perubahan tingkah laku karena pengalaman latihan.


·           Faktor yang mempengaruhi perubahan tingkah laku :
a.   Learning Set : kesiapan diri seseorang pada waktu tertentu untuk mempelajari sesuatu.
b.   Learning to learn : pengetahuan dasar yang diperlukan untuk proses belajar selanjutnya.
c.    Learning abilities : bagaimana cara seseorang, dalam melakukan pendekatan dalam belajar.
d.   Learning style : pemilihan strategi belajar dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

·           3 Macam proses belajar menurut Ausubel :
a.   Reception Learning : metode belajar yang pelajarannya dikasih lengkap dan siswanya menghafal dari pengertian yang di beri pengajarnya.
b.   Discovery Learning : Guru hanya memberi sebagian materi, lalu siswanya mengembangkan sendiri materi tersebut.
c.    Rote : siswa diminta menghafal dalam 3 cara :
a.   Representation : Menghafal dengan simbol-simbol
b.   Propotitional : menghafal pengertian ide-ide pada sebuah kata
c.    Concept : membedakan konsep secara kritis

·         Hukum Belajar Thorndike :
a.   Law of exercise : semakin banyak berlatih akan semakin mahir.
b.   Law of effect : apa-apa yang menguntungkan akan lebih mudah diterima.
c.    Law of readiness : kesiapan seseorang akan memudahkan orang tersebut untuk mempelajari suatu hal.
d.    Law of belonging : hubungan yang makin kuat apa yang dipelajarin dengan apa yang sudah dipelajari maka akan semakin baik.

·         Hal yang mengganggu Proses Belajar :
-          Inhibis Retroaktif : materi pelajaran yang baru saja diberikan dapat mengganggu materi yang sudah ada di otak/pikiran.
-          Inhibis Proaktif : materi pelajaran yang sudah diberikan mengganggu materi yang baru diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar