· pendidikan
sebagai suatu proses : Mengembangkan seluruh potensi yang ada semaksimal
mungkin, sehingga dalam pelaksanaannya seorang individu tidak hanya tergantung
pada individu lainnya.
· pendidikan
sebagai hasil : Segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi dari
partisipasi individu dari kegiatan belajar.
Jenis
Pendidikan
· Informal :
memperoleh informasi tidak disengaja. proses belajar yang tidak disadari dan
kemudian akan menjadi sikap hidup sehari-hari, yang dapat digunakan sebagai
persiapan untuk menuju pendidikan formal.
· Formal :
memperoleh info dengan sengaja, memiliki tujuan tertentu serta ada bahan ajar
yang dirumuskan secara jelas, dan klasifikasi sesuai dengan materi yang akan di
sampaikan.
· Non-Formal
: proses belajar secara sengaja tetapi tidak memenuhi syarat dalam jenjang
pendidikan formal.
Metode
Penelitian dalam Ѱ Pendidikan
· Introspeksi
(Wilhem Wundt) : suatu metode dengan cara melakukan pengamatan terhadap diri
sendiri. (self observation) untuk mengetahui proses mental yang berlangsung
pada diri seseorang.
· observasi
: suatu kegiatan melihat sesuatu di luar diri sendiri, sehingga diperoleh data.
overt behaviour = petunjuk kondisi mental seseorang (ke orang lain)
· klinis :
digunakan untuk mengumpulkan data yang lebih rinci mengenai perilaku menyimpang
dan perilaku adaptive (mall adaptive ><>X adaptive).
- Studi
Kasus Klinis : biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah seperti kesulitan
belajar, gangguan emosi, dan kenakalan remaja.\
- Studi
Kasus Perkembangan : digunakan untuk mengetahui perkembangan aspek-aspek
tertentu dari suatu waktu ke waktu yang berikutnya. contoh : ingin tahu emosi
didiri anak usia 5-10 tahun.
- Studi
Longitudinal : penelitian yang dilakukan terus menerus dalam jangka tertentu
dengan subjek yang sama.
- Studi
Cross-Sectional : penelitian yang dilakukan dengan mengambil contoh atau sample
dari masing-masing usia.
· Diferensial
: untuk meneliti perbedaan-perbedaan individu yang satu dengan yang lainnya
dengan cara menggunakan teknik-teknik pengukuran seperti test angket dan metode
statistik dalam melakukan analisisnya.
· Ilmiah (kuantitatif)
: 4 asumsi yang jadi dasar dalam metode ilmiah.
a. Empiris :
penelitian dengan metode ilmiah harus dapat diuji dilapangan.
b. Determinis
: metode ilmiah harus ada hubungan sebab akibat.
c. Parsimony
: memilih metode yang efisien.
d. Pestability
: penelitian harus dapat diuji kembali.
~semoga dapat bermanfaat :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar